John Grisham, The Broker

Percayakah anda kalau pemerintah Amerika membunuhi orang Afganistan atau Irak? Jawabannya cepat : tentu saja, beritanya ada di TV! Pertanyaan selanjutnya : Percayakah anda kalau pemerintah Amerika kerap membunuhi warganya sendiri? Jawabannya : ya, demi keamanan nasional.

Setidaknya itulah yang ditulis John Grisham dalam The Broker. Memang bukan dengan membunuh langsung lewat tangan CIA misalnya. Tapi... melepaskan seorang tahanan politik, mengirimkannya ke negara lain dengan identitas baru, dan membocorkan keberadaanya kepada pihak pihak yang menghendaki kematiannya.

Setelah bercerita tentang seorang asosiet ( The Firm ), kisah mahasiswa hukum dan jurnalis ( Pelican Brief ), dan seorang klien kanak kanak ( The Client ), maka kali ini John Grisham bercerita tentang seorang Partner sebuah biro hukum. Bukan sembarang partner, karena Joel Backman adalah seorang pelobi kelas wahid di seputaran Gedung Putih.

Jangan terkejut, bila Joel Backman seperti mayoritas tokoh tokoh John Grisham sebelumnya adalah hedonis kelas wahid pula :

' Hidup yang sungguh berantakan. Lima puluh dua tahun, dan apa yang bisa dipamerkan dari karirnya mencurangi klien, mengejar-ngejar sekretaris di kantor, menekan politisi politisi kecil yang licik, bekerja tujuh hari seminggu, mengabaikan tiga anak yang entah bagaimana berhasil hidup stabil, membentuk citra publik, membangun ego tak terbendung, serta mengejar uang uang uang ? Apakah upah dari pengejaran impian besar Amerika yang dilakukan sembrono ini ?' ( hal 91 ).

Alkisah di puncak karairnya, Joel dipertemukan dengan seorang pemuda pakistan. Pemuda pakistan yang hendak menjual software pengendali sebuah satelit mata mata super canggih. Karena keserakahannya, Joel tersandung. Dia dipenjara. Yang lebih buruk dari dari penjara adalah juga diburu buru dinas rahasia Israel, Saudi, Rusia, mungkin juga China.

Menjelang akhir masa kepresidenan Morgan, Joel dilepas. Dikirim ke Bologna, Italia. Sebuah petualangan eksotik. Nikmati sajian ala Grisham : kuliner pizza, cappucino; pemandangan indah dari kota kota tua peninggalan Romawi; gaya busana orang Itali;  bahasa yang menawan, dan tentu saja cewek cewek cantik Itali. Tidak heran ditengah pelariannya Joel sempat berhubungan dengan dengan seorang cewek Itali yang memang dikenal ramah dan hangat.

Namun perburuan belum selesai...... 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Banyak Dibaca