Dan Brown, Da Vinci Code VS Martin Lunn Da Vinci Code Decode (7)

Perbincangan mengenai Da Vinci Code nampaknya belum akan berakhir. Salah satu buku yang kemudian terbit mengikuti kontroversi Dan Brown adalah Da Vinci Code Decode, karya Martin Lunn. Sesaat kita akan berpikir bahwa buku ini akan memberikan bantahan seputar tulisan Brown di buku hits-nya itu. Keliru. Saya beranggapan, alih alih memberikan informasi yang berbeda, buku ini lebih seperti suplemen bagi Da Vinci Code sendiri. Meski demikian, di beberapa bagian memang terdapat artikel yang 'meluruskan' fakta fakta dikemukakan Brown.

Dari menyimak judul bab per bab saja kita akan menarik kesimpulan bahwa penulisnya berusaha menerangkan dengan panjang lebar sekitar isu pokok yang digagas Brown. Mulai dari Leonardo Da Vinci sendiri, Biara Sion, Konsantin Agung, Holy Grail, Yesus Kristus dan Maria Magdalena, Opus Dei, dan penjelasan tempat tempat penting di Paris dan London.

Namun saya beranggapan informasi kritis yang layak disimak adalah pada Bab V mengenai Konstantin Agung dan Bab VIII tentang apakah Yesus menikah.

Bagaimanapun, Martin Lunn dengan cerdik tidak berusaha untuk menyimpulkan, apalagi secara tegas menunjukan mana yang benar dan mana yang keliru. Buku ini hanya mencoba meluaskan pandangan, interpretasi selanjutnya diserahkan kepada pembacanya.

Memang seharusnya begitu, bukan?    
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Banyak Dibaca