Agatha Christie, Pembunuhan Di Malam Natal (Hercule Poirot's Christmas, 1938)

Entah siapa yang pertama kali memproklamirkan The Murder Of Roger Ackyord karya Agatha Christie tahun 1926 sebagai karya terbesarnya. Bagi saya novel inilah, Hercule Poirot's Christmas yang dirilis tahun 1938 sebagai yang terbesar. Dua dua novel ini memang menghadirkan pembunuh yang tak terduga. Namun saya melihat dari segi  fairness, Agatha tidak fair menjebak pembacanya dalam Roger Ackyord. Sementara dalam Christmas Agatha sungguh sungguh Jenius! tak sedetikpun sepanjang membaca, anda akan menduga siapa pembunuhnya. Padahal petunjuk samar samar telah ditebar. Baiklah, semuanya bisa diperdebatkan. Yang jelas Simon Lee adalah aristokrat  kaya dengan harta warisan yang tidak sedikit. Selain kaya, Simon adalah playboy dan juga bajingan. Tak heran Duda ini mempunyai hubungan kurang harmonis dengan anak anak dan menantu. Tapi ini Hari Natal, anak anak berkumpul di rumah Simon. Sebagian besar berharap warisan tua bangka ini. Namun seseorang membunuhnya......

Baca selengkapnya, klik di sini.

9 komentar:

Chilfia Karunianty mengatakan...

Agatha Christie emang cerdas. tulisannya gak gampang ditebak. malah, inilah buku yang aku suka dan bikin penasaran. kayak main tebak-tebakan :P

Esa Nugraha Putra mengatakan...

he..he..he...ketemu lagi Chilvi. Setuju banget. Ngomong ngomong kalo saja Agatha pernah ke Madura, dia pasti bikin novel " Murder of Suramadu ".

inibukukoe mengatakan...

Saya belum baca buku yg ini, jadi ga bisa ikutan komentar.

Btw ada ga bang buku Agatha yg menyebutkan nama salah satu kota di Indonesia? Kalau ada saya mau cari ah...

Yg saya tahu komik Tintin pernah... terus dibeberapa film jg ada disebutkan kota-kota di Indonesia, tp kesannya tuh Indonesia negatif smua. Pernah baca buku ceritanya tentang dokter yg dikirim ke pelosok Kalimantan... udah gr nih, wah Indonesia kesebut... eh taunya dia dikirim ke Kalimantan krn di US sana ga berprestasi, jd seperti dibuang :-(

Esa Nugraha Putra mengatakan...

akhirnya inibukukoe muncul juga, kamana aja bu? tuh komentar ibu dipilih sebagai pemenang buku gratis bulan November, jadi cepetan kirim alamat pos ibu ke email saya. Jangan lupa klik kolom follower biar tambah rame. Selamat ya bu.

Chilfia Karunianty mengatakan...

Murder of Suramadu??? hehehe... ntar jadi angker tuh jembatan gara-gara arwah gentayangan. :D

inibukukoe mengatakan...

Alhamdullilah saya terpilih jadi pemenang bulan november. Koleksi AC sy nambah 1 lagi, alamat kirim sdh sy email.
Followernya yg Google connect ya bang?

-dewi-

Esa Nugraha Putra mengatakan...

klik followernya di kolom sebelah kiri, baris kedua setelah profil. selamat ya mbak Dewi.

inibukukoe mengatakan...

sip... sudah saya follow bang esa, btw u/ bikin blogroll yg bs update post terbaru itu bagaimana ya? Itu otomatis berubah kan ya? klo di wordpress bs diterapkan ga bang.

hehehe maaf malah ngelantur nanya ga sesuai subject

btw sdh sy mention di forum :-)

esa nugraha putra mengatakan...

kalo di blogspot, sudah otomatis berubah. Kalo di wordpress, he..he...he..belum tahu mbak. makasih banget sudah dimention. Bukunya sudah saya poskan, kata pak pos tunggulah 3 - 4 hari lagi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Banyak Dibaca