Ir. Soekarno, Di Bawah Bendera Revolusi.

Siapa tak kenal Ir. Soekarno ? dialah presiden pertama Republik Indonesia. Namun mungkin tak banyak yang tahu kumpulan tulisannya yang dibukukan dibawah tajuk " Di Bawah Bendera Revolusi ". Si Bung ini sudah mulai menulis sejak masih pelajar di Hogore Burgerschool (HBS, setara SMA?) Surabaya, lebih lebih lagi kala menjadi mahasiswa di Technische Hogeschool ( THS, ITB Bandung sekarang).

Dalam buku ini, tulisan tulisannya terentang antara tahun 1926 sampai tahun 1941 terserak di berbagai media seperti  Suluh Indonesia Muda, Fikiran Ra'jat, Pandji Islam, dan Pemandangan. Berbagai buah pikirnya menunjukan minat beragam terhadap berbagai hal mulai dari Nasionalisme, Islam, Demokrasi, teman teman seperjuangannya ( diantaranya tentang Mohammad Hatta ), surat surat dari pembuangan ( Penjara Sukamiskin Bandung, dan Endeh ), Kapitalisme, Karl Marx, Marhaen, India, Perang Dunia, Hitler, hingga Jenghis Khan. Wow, luas banget, produktif banget! 

Pantas saja orang dibuat terpukau oleh kiprah beliau. Bila menyimak tulisan tulisannya, betapa kita terkagum kagum oleh kekuatan berpikir, semangat, dan mimpi mimpinya untuk membangun sebuah bangsa. Jauh jauh hari dia sudah mengingatkan tentang bahaya imperialisme modern lewat serbuan produk produk murah dari luar negeri ( kala itu impor barang murah dari Jepang, seperti halnya barang barang murah made in China sekarang ). Dia bangkitkan harga diri bangsa Asia dengan membandingkan Napoleon dan Hitler tidak ada apa apanya dibanding Jenghis Khan. Tidak segan segan dia mengecam cara berpikir sebagian pemeluk Islam dengan sebutan Islam Sontoloyo. Inilah Soekarno yang berkobar kobar. Soekarno yang tak kenal lelah. Soekarno yang telah menulis sendiri takdirnya lewat tulisan tulisan yang disuarakannya jauh sebelum memproklamirkan kemerdekaan tahun 1945. 

Dan kita kemudian menikmati hasil jerih payahnya. Namun kita telah melupakannya......

>> Dapatkan penawaran khusus buku ' Di Bawah Bendera Revolusi ' jilid pertama cetakan ketiga 1964. Klik disini.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Banyak Dibaca