Agatha Christie, Nyata kah Tokoh Tokoh dalam Novelnya?

Ya, nyatakah tokoh tokoh dalam novel Agatha? Apakah tokoh tokoh tersebut betul betul ada atau hanya rekaan semata Agatha? Agatha menjawabnya untuk kita dalam pengantarnya untuk novel The Body in The Library yang dirilis tahun 1942 :


"........Lalu, pada suatu hari di musim panas, ketika saya menginap di beberapa malam di suatu hotel mewah di daerah pesisir, saya melihat suatu keluarga yang sedang duduk di salah satu meja di kamar makan; seorang laki laki yang sudah berusia lanjut yang lumpuh, duduk dia atas kursi rodanya, dan bersamanya duduk sekelompok orang yang lebih muda usianya. Untunglah, keesokan harinya mereka meninggalkan hotel itu, sehingga imajinasi saya dapat berkembang tanpa dipengaruhi oleh pengetahuan apapun tentang keluarga itu. Bila orang bertanya, " Apakah anda menulis tentang orang orang yang benar benar ada di dalam buku anda? " Jawabannya adalah, bagi saya mustahil menulis tentang siapa pun yang pernah saya kenal, atau yang pernah berbicara dengan saya, atau yang pernah saya kenal riwayatnya! Karena alasan alasan tertentu, orang orang yang saya kenal ini mematikan imajinasi saya. Tetapi, saya dapat memakai seorang " peraga " dan melengkapinya dengan sifat sifat dan latar belakang yang sama sekali berasal dari imajinasi saya sendiri.... "

Nah, begitu ceritanya.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Banyak Dibaca