Pramoedya Ananta Toer

Apa yang terlintas dalam benak anda ketika disebut nama PRAMOEDYA ANANTA TOER? penulis? penulis Indonesia? Penulis Jenius? Penulis tetralogi Bumi manusia ? pulau Buru? PKI.......

Saya memilih untuk mengingat beliau sebagai penulis jenius. Sayang sekali bila tulisan tulisannya dilewatkan begitu saja. Saya bahkan meragukan intelektualitas anda bila belum pernah satupun membaca karya karyanya.

' Untung ' saja separuh hidupnya dihabiskan di penjara. Karya terbaiknya, tetralogi Buru ( Bumi manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Bumi Manusia ) dilahirkan di penjara Pulau Buru. Penjara tak menghentikannya menulis. " Penulis ini berada sejauh separoh dunia dari kita, namun seni budaya dan rasa kemanusiannya sedemikian anggunnya menyebabkan kita langsung merasa seakan sudah lama mengenalnya - dan dia pun sudah mengenal kita - sepanjang usia kita ", itu kata USA Today.

Lahir di Blora 1925, telah lahir lebih dari 50 karyanya yang diterjemahkan ke dalam lebih dari 42 bahasa asing. wow! " Pramoedya Ananta Toer, kandidat Asia paling utama untuk hadiah Nobel " cetus Time.

Sebagai pecinta Indonesia yang sedang resah, saya hanya bisa bersyukur ada juga manusia Indonesia yang kebanggaan atas karya karyanya hidup dalam banyak hati anak muda tanpa terbantahkan. Kita sedang merindukan lahirnya Pramoedya yang lain. Do'a untuk kakek.   


Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Banyak Dibaca