Goodbye BBI.....

Akhirnya blog Resensi Buku ala Esa @esanugrahaputra.blogspot.com harus mengucapkan selamat tinggal kepada komunitas Blog Buku Indonesia yang bertag aggregator. Posting posting terbaru blog ini tidak lagi nongol dalam agregatnya. Sebabnya mungkin konten situs ini sudah merambah ke mana mana. Saya sempat memposting novel 11 Hari Usus Buntu yang disajikan dalam bentuk cerita bersambung. Banyak artikel yang merefleksikan pemikiran penulis namun tidak meresensi buku tertentu. Blog ini mulai komersial dengan -kadang kadang- menayangkan iklan afiliasi. Link link-nya apalagi.

Sejalan dengan moto terbarunya: menghibur, mencerahkan - saya mulai banyak menambah link yang memungkinkan anda menonton secara online film film pilihan - watch movie online. Saya juga mulai menambahkan link ke blog blog baru saya yang berisikan photo photo pilihan tempat tempat eksotik dan female athlete. Link link yang lain adalah mengenai sejarah Sunda, Diabetes, inspirasi bisnis, hingga pengalaman membuat video yang diunggah ke YouTube. Memang 'berwarna' ya? Namun di sisi lain BBI menginginkan komunitasnya mempertahankan ciri non komersialnya...

Ya, dalam pikiran saya, blog ini ingin saya kelola layaknya cafe atau Coffee Shop. Resensi buku itu seperti menu espresso. Dia menu utama di cafe saya. Tapi orang yang datang ke cafe tidak melulu penyuka espresso. Makanya kemudian dikembangkan cafe latte, itu seperti watch movie online di blog ini. Hidangan kue kue dan roti juga mestinya ada. Itu seperti link link yang telah saya sebutkan di atas. Saya penyuka suasana dan orang. Cafe yang menawarkan suasana interior alam terbuka dan pengunjung yang galant, saya interpretasikan dalam situs impian dan female athlete tadi. Dan jangan lupa, dinding dinding cafe seringkali menayangkan iklan juga. Tak ada yang salah dengan hal itu.

Saya berharap para pengunjung 'cafe' saya merasa betah dan benar benar menikmati suasananya. Cafe 24 jam yang menemani dan mudah mudah menginspirasi. Sebuah cafe menjadi besar karena pengunjungnya. Dunia maya mengenalnya dengan 'trafik'. Secara overall, Blog Buku Indonesia masih meyumbang trafik kedua terbanyak bagi blog ini di bawah google.com. (berdasar google analitic). Setelah hari ini, mungkin sumber trafik itu akan menghilang. Tapi ini masalah pilihan hidup, bukan? Kita mesti bersiap dengan perubahan perubahan yang akan terjadi selanjutnya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Banyak Dibaca