Dan Brown, Inferno: Kisah Kasih Tak Sampai (3)


Sebelumnya, klik di sini.

Dante, Dante, Dante. Tiga perempat novel inferno - Dan Brown ini melulu cerita mengenai Dante. Dante Alighieri dari kota Florence, Italia, hidup antara 1265 sampai 1321. Dikenal dengan mahakarya Divine Comedy. Anda berpikir mungkin itu semacam buku lucu lucuan karena berjudul komedi. kata 'komedi' dalam buku Dante merujuk pada bahasa kelas bawah yang digunakan di Italia saat itu. Sebab ada pula bahasa 'kelas atas'.

Buku itu terdiri dari tiga bagian, yaitu Inferno (neraka), Purgatorio (api penyucian), dan kemudian Paradiso (surga). Yang paling terkenal adalah bagian pertamanya, Inferno. Secara keseluruhan menceritakan turunnya penulis ke dalam neraka, perjalanan melewati penebusan, dan pada akhirnya kenaikan ke surga untuk bersatu dengan Tuhan. 

Yang jarang diungkap adalah, dari mana Dante mendapat inspirasi untuk menulis Inferno? Jawabanya ada di rumah suci Chiesa di Santa Margherita dei Cerchi. Konon di gereja ini lah Dante pada usia 9 tahun jatuh cinta pada pandangan pertama kepada Beatrice Portinari. Namun sayang yang terjadi adalah kisah kasih tak sampai. Beatrice menikahi laki laki lain. Dante akhirnya menikahi Gemma Donati, yang berakhir tidak bahagia. Barangkali Beatrice adalah cinta mati Dante. Dalam The Divine Comedy, Beatrice ditampilkan sebagai penyelamat yang membimbing Dante melintasi taman firdaus.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Banyak Dibaca