Agatha Christie, Kenangan Kematian (Sparkling Cyanide, 1945)


Sianida, sianida, sianida.
Sianida ( Cyanide ) nampaknya menjadi racun favorit Agatha kali ini. Hampir sepanjang cerita, racun jenis ini menjadi pebincangan diantara tokoh tokohnya. Semua berawal dari pesta ulang tahun Rosemary Barton. Mary langsung terjatuh setelah bersulang dengan para hadirin. Dramatis. Penyelidikan menyimpulkan minuman telah tercampur dengan sianida. Namun kasus ditutup dengan kesimpulan : bunuh diri.

Namun setahun setelah kematian sang istri, George Barton menerima surat kaleng yang isinya mengatakan Mary dibunuh, bukan bunuh diri. Beberapa saat kemudian kejadian setahun lalu terulang lagi, kali ini George yang jadi korban. Lagi lagi sianida.

Baca selengkapnya, klik di sini.

2 komentar:

Yuli mengatakan...

Klo ga salah Kenangan Kematian ini pengembangan cerita Bunga Iris Kuning dari kumpulan cerita Masalah di Teluk Pollensa (klo ga slh) tp disana tokoh detektifnya Hercule Poirot.

alya svn mengatakan...

Di buku Masalah di Teluk Pollensa (kumpulan cerita) memang ada cerita pendek judulnya Bunga Iris Kuning, yg dikembangkan jadi buku Kenangan Kematian (Sparkling Cyanide) ini. Detektifnya Poirot. Awalnya cerita pendek ini diterbitkan di majalah Strand Magazine tahun 1937, terus dijadikan novel & disertakan di buku kumpulan cerita^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Banyak Dibaca