Agatha Christie, Sepuluh Anak Negro (Ten Little Niggers 1939, And Then There Were None 1940).

Inilah novel yang paling menghebohkan dari Agatha Christie. Terbit pertama kali di Inggris pada tahun 1939 dengan tajuk Ten Little Niggers. Namun karena dianggap rasis, terbitan Amerika pada tahun 1940 mengubah judulnya menjadi And Then There Were None.

Sampai tahun 2011 ini buku ini tak hentinya diulas. Penelusuran global  di Adwords Google.com pada bukan Oktober 2011 ini menunujukan keyword untuk And Then There Were none sebanyak 90.500 kali, penelusuran terbanyak. Disusul tajuk Death on The Nile sebanyak 49.500 kali. The Murder of Roger Akcyord tercatat hanya 8.100 kali.  Beberapa kalangan bahkan menyebutnya lebih baik dari The Murder of Roger Ackyord. Novel yang disebut belakangan dianggap novel terbesar Agatha Christie. Novel ini kemudian difilmkan, lagi lagi dengan merubah judul menjadi Ten Little Indians.

Cerita berlokasi di 'Pulau Negro', di kawasan Devon, Inggris. Disebut pulau negro karena bentuknya yang menyerupai kepala negro. Sepuluh orang diundang untuk 'berlibur' di pulau tersebut oleh seorang misterius dengan dengan inisial U.N.O. Sepuluh orang dengan riwayat pembunuhan di masa lalu. Wargrave, pensiunan hakim; Vera, guru; Lombard, tentara; Emily, perawan tua; Blore, mantan polisi; MacArthur, pensiunan jenderal; Amstrong, dokter bedah; Marston, selebriti; dan terakhir adalah suami istri Rogers, pelayan di resort pulau itu. Dan dalam waktu 36 jam atau 1,5 hari kesepuluh orang tersebut tewas secara misterius. 

Diantara debur ombak yang memecah karang ( bayangkan suasana itu ), satu persatu penghuni pulau menemui ajalnya. Marston diracun sianida, Mrs. rogers over dosis klohr, Macarthur kepalanya dipukul sampai pecah, Emily diracun sianida, Mr. Roger kepalanya pecah, Wargrave tertembak di kepala, Amstrong tenggelam, Blore kepalanya pecah tertimpa jam marmer, Lombard tertembak di jantung, dan terakhir Vera gantung diri. Plot pembunuhan menyerupai rangkaian puisi tentang sepuluh anak negro. 

Cerita detektif tanpa detektif. Polisi menyimpulkan tak ada orang ke sebelas di pulau itu yang mungkin menjadi pembunuhnya. Siapa membunuh siapa, menjadi pertanyaan yang ruwet karena catatan terakhir hanya dari buku harian sebagian penghuni pulau. Kasus hampir ditutup tanpa penyelesaian kalau saja tidak ditemukan botol yang mengapung di laut dan ditemukan tanpa sengaja oleh nelayan kapal ikan. Pesan terakhir dari sang pembunuh....

Anda juga bisa membaca posting ini di
http://agathachristiesportal.blogspot.com/2013/01/sepuluh-anak-negro-ten-little-niggers.html

13 komentar:

Chilfia Karunianty mengatakan...

bukannya buku pertama Agatha adalah Mysterious Affair at Style? (pernah baca si google sih)

saya memang telat menyukai Agatha Christie. novelnya bagus-bagus. ceritanya tak terduga. pertama kali baca tuh di perpustakaan daerah. tapi stok masih sedikit. hanya ada beberapa dan sering dipinjam. maklum di Madura khususnya Sumenep tempat tinggal saya, buku masih sedikit. :)

esa nugraha putra mengatakan...

memang betul, novel pertama adalah Mysteriuous Affair at style.
Maksud paragraf pertama saya adalah pertama tama judulnya Ten Little Negroes, kemudian dirubah menjadi And Then There were None, eh di filmkan jadi Ten Little Indian. gitu lho jeng.
Mbak alamat pos nya mana, biar bukunya segera dikirim ?

Chilfia Karunianty mengatakan...

sudah saya kirim lewat email :)

Dwija mengatakan...

Wah, komentar saya di post 4 karya terbesar AC salah, mestinya novel ini yang diadaptasi menjadi film Teka Teki 9 Orang, dengan Gito Rollies salah satu pemainnya.

Esa Nugraha Putra mengatakan...

ya mas Dwija, samar samar saya pernah menonton film itu di jaman TVRI dulu. di salah satu teks awal pembuka film disebutkan cerita film ini adaptasi dari novel Agatha, gitu ngak ya?

Dwija mengatakan...

Betul, waktu itu saya masih SD nonton dengan kakak yg sudah tahu reputasi AC. Jadi lumayan serem juga adaptasi film Indonesia.

Anonim mengatakan...

Bisa pesan bukunya gk ya? Minta email yg bisa dihubungi. Tq

Efrina Sinaga mengatakan...

Permisi. Gimana ya cara dapetin buku ini? Nyari di medan susaaaaaaah... Pusing 7 keliling, udah pengen baca bener nihh. Terimakasih sebelumnya

Esa Nugraha Putra mengatakan...

Saya pernah nyari di tokobagus.com, kayaknya masih ada deh. Coba ketik aja Agatha Christie, walau seken tepi masih ok. Harga juga rata rata hanya Rp. 20.000,- 25.000,- Selamat mencoba.

Esa Nugraha Putra mengatakan...

cobain di link ini http://buku.tokobagus.com/novel-komik/novel-agatha-christie-jeffery-deaver-stephen-king-14176772.html

Efrina Sinaga mengatakan...

thanks mas esa -_- tapi saya tinggal di medan huhu setau saya tokobagus itu hanya orang orang yang yang jual beli dengan ketemu langsung huhu

Efrina Sinaga mengatakan...

mas jual ga buku attwn nya sma crooked house? jual ya mas yayayaya

Esa Nugraha Putra mengatakan...

@efrina, ngak usah ketemu langsung koq. Biasanya pihak penjual mencantumkan nomor HPnya, tinggal sms-an saja. Kalau deal uang biasanya ditransfer lebih dulu, setelah uang masuk, buku dikirim via pos. Saya juga dulu jualan buku Agatha, via toko bagus juga. Sekarang persediaan lagi kehabisan he he he he

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Banyak Dibaca