John Grisham, The Partner

Pernahkah anda mengalami situasi hampir di PHK dari pekerjaan dan pada saat yang sama istri anda ketahuan selingkuh ? Patrick Lanigan mengalami hal ini. Dan sebuah rencana disusun. Bukan rencana biasa karena ia berencana membunuh dirinya sendiri kemudian kabur membawa 90 juta dolar dari biro hukumnya. Ia akan memulai hidup baru dengan identitas baru, gairah baru. Gairah yang hilang karena persekongkolan biro dan pengkhianatan istri. Dan Brazil dipilih sebagai pelabuhan terakhirnya.


Telah lama Patrick mengendus persekongkolan kotor di biro hukumnya yang melibatkan senator top Amerika. Lebih jauh orang orang yang terlibat menghendaki Patrick ditendang sesegera mungkin. Namun Patrick melawan dengan cara tak kalah licik. Ia menyadap pembicaraan orang orang yang dicurigai. Ternyata situasinya lebih gawat yang ia duga.

Sementara kondisi keluarga Patrick mungkin lebih buruk lagi. Istrinya, Trudy, kedapatan berselingkuh dengan pria berotot yang biasa dipanggil Lance. keadaan bertambah parah karena hasil test DNA pada putri semata wayang mereka, Ashley, menunjukan Lance lah ayah biologisnya. 

Situasi yang menyakitkan menimbulkan gagasan yang super jenius. Mula mula karena alasan pekerjaan, Patrick lebih sering menghabiskan waktu di pondok berburu di luar kota. Suatu hari, sepulang dari pondok, mobilnya kedapatan terbakar hangus. Upacara pemakaman Patrick Lanigan berlangsung syahdu. Sementara dari kejauhan Patrick menyaksikan pemakamannya sendiri dengan perasaan campur aduk. Beberapa hari kemudian uang milik biro sebanyak 90 juta dolar raib dari rekening biro. Seseorang yang mirip Patrick tertangkap kamera bank sedang mencairkan dana sejumlah itu. Patrick menghilang. Perburuan dimulai.

Sao Paolo, Brazil, dengan populasi 20 juta, cocok untuk menghilang. Patrick menjadi Danilo Silva dengan sedikit sentuhan operasi plastik. Plus pacar, Eva Miranda, seorang pengacara pula. Eva lah yang ditunjuk Patrick untuk mengelola 'dana' yang dimilikinya, lengkap dengan instruksi 'bila terjadi sesuatu' pada dirinya. Dua tahun berlalu. Jack Stefano, detektif dengan spesialis pencarian orang hilang mulai mengetahui keberadaan Patrick. Biro bersorak. Patrick di sergap, diamankan di Paraguay. Namun Informan FBI mengetahui penculikan Patrick. Akhirnya sang buronan di ekstradisi ke Amerika. 

Sirkus baru saja dimulai. Media meliput secara besar besaran kepulangan sang partner. Patrick lewat pengacaranya, Sandy, melakukan manuver dengan menggugat FBI atas penyiksaan yang dideritanya selama masa penahanan. Sementara pihak asuransi menggugat biro karena kepulangan Patrick praktis membatalkan klaim senilai jutaan dolar. Trudy dan Lance ikut stress karena harus mengembalikan uang asuransi sementara gaya hidup mereka terlanjur glamour. Sementara Jack Stefano cs diobok obok FBI karena kasus penyiksaan yang bikin heboh itu. Ayah Eva Miranda diculik.

Sirkus berlanjut ke pengadilan. Negara VS Patrick Lanigan. Kesepakatan kesepakatan hukum tak tertahankan. Jaringan busuk senator dan kaki tangannya dibongkar. Uang dikembalikan. Trudy dibebaskan dari tuntutan, Ashley mendapat dana perwalian. Clovis, mayat yang hangus terbakar di mobil patrick beristirahat dengan tenang. Ahli warisnya disantuni dengan layak. Ayah Eva dibebaskan. Dan Patrick dibebaskan dari segala tuntutan !

Seharusnya akhir yang menyenangkan buat Patrick. Namun Eva menghilang dengan jutaan dolar miliknya.....

Inilah novel ke delapan dari John Grisham. Yang membedakan dari novel novel pertama Grisham adalah setting lokasi yang melanglang buana. Kebanyakan bercerita tentang Brazil. Lokasi lokasi lainnya adalah kanada, Inggris, dan Perancis. Namun lokasi yang paling banyak diceritakan tentu saja kota Biloxi, Mississipi. Kota tempat pertempuran hukum terakhir yang membebaskan Patrick Lanigan.

Lokasi Brazil ini diulangi Grisham pada The Testament, tahun 1999, novel ke-10 nya. Porsi cerita Brazil mungkin lebih dari 60 %. Dalam The Broker, 2005, novel ke 15, hampir seluruh cerita berlokasi di Italia. Dan hampir seluruh novelnya adalah cerita pelarian. Entah itu seorang partner, atau asosiet.

Bila pembaca novel Agatha Christie menebak nebak siapa gerangan pembunuh misterius di akhir cerita, maka pembaca John Grisham bertanya tanya solusi hukum apakah yang akan membuat tokoh utama mendapatkan akhir yang bahagia. Tentu dengan jutaan dolar di kantong.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Banyak Dibaca