Ir. Soekarno, Di Bawah Bendera Revolusi : Tentang Ahmadiyah.

Soekarno pernah dituduh menjadi Ahmadiyah. Dari pembuangannya di Endeh tahun 1936, beliau membantah keras. Dalam tulisannya dia menyatakan ' Tidak Pertjaja Bahwa Mirza Gulam Ahmad adalah Nabi '.
Rupanya berhembus kabar bahwa Soekarno telah mendirikan cabang Ahmadiyah dan menjadi propagandis bagian Celebes (Sulawesi). Namun demikian, sebagai seorang intelektualis sejati, beliau membaca banyak buku dari kalangan Ahmadiyah seperti  Mohammad The Prophet karya Mohammad Ali. Banyak gagasan yang ditolak Bung Karno. Namun beberapa 'features' diakuinya bagus. Di antaranya adalah semangat rasionalisme dan modernisme. Yang paling tidak disukai Bung Besar adalah 'pengeramatan' terhadap Mirza Gulam Ahmad dan kecintaan terhadap imperialisme Inggris.


Hmm. Membaca buku, dan menelaah persoalan. Suatu teladan dan tradisi dari para pendahulu Republik yang jarang lagi kita temui kini. Walaupun debat debat sengit sering terjadi dalam wilayah agama ini, jarang kita dengar berujung dengan penistaan dan pembakaran rumah terhadap mereka yang memiliki keyakinan berbeda kala itu. What about Now? You should have known better ( itu mah lagu, the Beatles).

>> Dapatkan penawaran khusus buku ' Di Bawah Bendera Revolusi ' jilid pertama cetakan ketiga 1964. Klik disini.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Banyak Dibaca