B2B : Rumah Baca


Judul : Rumah Baca
No GR : 102
Bahasa : Indonesia
Webmaster : Hartono Rakiman
Umur : 45
Profesi : Konsultan
Lokasi : Bogor
Mulai blogging : 2007
Tema warna : putih

Rumah Baca merupakan salah satu blog buku favorit saya. Tampilan blognya formal berkesan profesional. Yang membedakan dengan dengan blog lain adalah reviewer-nya bukan reviewer tunggal. Hartono sebagai webmater blog mengundang reviewer selain dirinya untuk juga menulis di blog ini. Jadilah blog ini dipenuhi banyak kontributor dengan beragam gaya dan genre tulisan. Strategi yang cerdas untuk mengajak pemiarsanya untuk juga aktif membesarkan blog. Kiprah Hartono dengan Rumah Bacanya juga banyak diliput media, mulai dari Kick Andy sampai Tempo. Rumah Baca bisa dijadikan panutan untuk blogger lainnya.

Top review : Mangir ( Pramoedya Ananta Toer ).
 Penulis Favorit : Dee
Inilah wawancara dengan Hartono Rakiman pada tanggal 25 November 2012 jam 20: 12 WIB.

Hari Ini

Hallo mas Hartono,
Saya esa dari blog Resensi bulu ala esa di esanugrahaputra.blogspot.com. Kebetulan saya sedang merancang program yang memperkenalkan blooger buku yang salah satunya blog anda. Barang kali tidak berkeberatan saya memohon beberapa informasi tambahan untuk bahan posting saya. Terima kasih.

salam baca juga mas.

salam baca. senang berkenalan dengan Anda. Silahkan saja

ya terima kasih. sejak kapan anda mulai blogging?

saya tergolong pemain lama. Sejak 2002
Untukb blog Rumah Baca mulai 2007

wah ini termasuk blog tertua untuk kategori blog buku. Mengapa memilih untuk mengundang kontributor luar untuk mereview buku dalam blog anda?

Blog itu memang saya desain untuk menampung gairah pecinta buku. Bisa dikatakan itu bukan blog pribadi saya, meskipun saya sebagai admin-nya.

bila boleh tahu, profesi utama anda sebenarnya apa?

Saya konsultan pada sebuah lembaga internasional (USAID)

ou, profesi menarik. Sebelumnya, saya memohon ijin untuk menyadur 'interview' ini untuk posting saya di program B2B (blogger to Blogger) pada blog resensi buku ala Esa. Kabarnya anda juga menulis buku?

Ya. Itu adalah kisah petualangan saya di kapal pesiar. Saya tulis bersama kawan-kawan yg lain. Sudah ada 3 buku yg terbit dan beredar di toko buku. Semacam sekuel begitulah

Anda termasuk beruntung karena bukunya diterbitkan penerbit label. Banyak juga penulis indi dengan kualitas bagus tak seberuntung itu. Pendapat anda?

Nggak juga. 2 buku diterbitkan di bawah bendera Rumah Baca. Hanya 1 buku yg rela saya lepas ke penerbit label (MediaKita)

Anda mencetak dan memasarkannya sendiri? Bagaimana ceritanya sampai ke tangan kick andy?

Buku Mabuk Dolar di Kapal Pesiar diterbitkan oleh Rumah Baca. Distributor oleh Nalar. Soal Kick Andy saya tidak tahu mengapa sampai ke sana. Mungkin tema buku cocok dengan tema bahasan waktu itu. Saya lihat buku Anda juga unik tuh yang membahas tentang usus buntu

ha ha ha ha. Jadi malu tuh. Buku itu belum terkenal. mungkin nanti saya mohon bantuan Rumah Baca untuk kampanye juga. Dari penelusuran saya, anda juga mengelola perpustakaan pribadi?

Apakah buku itu dijual di Gramedia?
Di rumah saya juga bikin gerakan literasi, khususnya anak-anak melalui wadah Rumah Baca Kids

Wah tidak mas. Itu hanya di jual via nulisbuku.com. Bisakah di jual di gramedia? Oh ya saya sempat melihat photonya. Itu di rumah anda yang di Bogor?

Biasanya untuk bisa masuk gramedia melalui jaringan disteibutor. Minimal 3000 eksemplar. Dan juga perlu dilihat juga sisi menarik dan unik dari buku itu, karena itu artinya kita sudah masuk pada cara berfikir pasar
Ya itu rumah saya pribadi yang juga terbuka utk para pecinta buku

Di Indonesia hingga saat ada sekitar 195 blog buku (data goodreads.com). Termasuk di dalamnya blog anda. Bagaimana pendapat mas Hartono menilik isi kebayakan blogger kita itu. Omomg omong berapa usia anda saat ini?

Bagus saja. Perkara ada yg tidak konsisten atau hanya sekedar mejeng, ya nanti pembaca juga yg akan menilai. Saya sudah 45 th, meskipun terlihat lebih muda :)

kalo begitu yang paling senior dong. Penggagas /pendiri Blogger Buku Indonesia Htanzil baru berusia 41 tahun. Baru kemarin saya wawancarai beliau percis dengan cara seperti ini. Usia saya 42 tahun. Jadi begini mas, saya memulai program B2B ini untuk menyusun statistik para blogger kita ini. Misalnya banyak mana, blogger perempuan atau laki. Juga misalnya sisi humanistik tiap blogger. Anda punya Rumah literasi itu akan menjadi sangat inspirasional bagi para blogger lainnya. Cita cita anda ke depan?

Ya. Saya juga terinspirasi dg HTanzil. Tadi siang saya barusan ikutan diskusi tentnag buku dengan teman-teman daeri Goodreads, Juga menyebut sepak terjang Tanzil dl soal meresensi buku.
Citacita kedepan ya tetap jadi penulis produktif dan ikut bergerak untuk "pembebasan pikiran" untuk anak-anak Indonesia yg selalu tertinggal bangsa maju, karena salah dalam cara befikir, bukan salah karena nasib

Kembali ke Rumah Baca. Apa yang menjadi top review di blo anda. Dan satu lagi yang bikin penasaran, liputan media juga cukup besar pada blog anda. Apakah itu alamiah terjadi begitu saja, atau anda menggunakan teknik marketing tertentu?

Top Review: Mangir, karya Pramoedya Ananta Toer. Tapi review yg paling favorit saya adalah Perahu Kertas. Soal liputan media itu by nature. Saya menggunakan strategi soft sell, bukan hard sell.

wow itu buku yang saya sedang cari. saya sudah baca Arok Dedes-nya. Apanya yang menjadi menarik dari perahu kertas? Penulis favorit anda siapa?

Untuk Perahu Kertas silahkan baca sendiri di Rumah Baca, di mana sisi menariknya. Penulis favorit ya Dee. She is cool!

Baiklah mas, wawancara ini akan saya posting di B2B Rumah Baca tanggal 2 Desember 2012. Barangkali ada perlu lagi yang perlu ditambahkan?

Mungkin sudah cukup untuk sebuah reportase/ wawncara di jagad digital. kalau terlalu panjang orang akan malas baca

Terima kasih untuk wawancaranya, selamat malam. Salam Baca!



Statistik B2B sampai saat ini **:
No. review : 11
Media : Blogspot (6) Wordpress (5)
Bahasa : campur (1) Indonesia (10)
Webmaster: P(6) L(5)
Umur : na (7) 41 (2) 42 (1) 45 (1)
Profesi : na (3) dosen, guru (1) dokter (1) Penulis (3) Akuntan (2) konsultan (1)
Lokasi : Jakarta (2) Salatiga (1) na (2) Yogyakarta (1) Malang (1) Bandung (2) Sukabumi (1) Bogor (1)
Mulai blogging : na (3) 2012 (1) 2011 (4) 2010 (1) 2007 (2)
Warna tema : pink (3) hijau (3) hitam (1) coklat (1) putih (3)
Jumlah blog sampai saat ini : 11
Jumlah webmaster/blogger sampai saat ini : (10), (2) blog tercatat milik (1) webmaster.

APA ITU B2B? KLIK DISINI!

*Privat response silakan ke esanugrahaputra@gmail.com atau langsung di kolom komentar.
**Statistik B2B merupakan statistik yang mengikuti tiap posting B2B dan berhubungan dengan posting B2B sebelumnya. Dengan segera pembaca bisa mengetahui konfigurasi para blogger sampai dengan nomor urutan review (no. review). No GR adalah no urut seperti yang tersedia di goodreads.com.

Up date : na
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Banyak Dibaca