Statistik Blog


Inilah statistik blog ini. Google mencatat (saya sendiri lupa), blog ini dibangun Mei 2008. Hanya sekedar iseng saja, tanpa konsep yang jelas. Hasilnya juga memang tak jelas. Sampai dengan Maret 2010, tidak ada trafik berarti. Sampai kemudian di bulan Maret itu saya mulai agak serius menggarap blog untuk menyalurkan hobi membaca buku. Saat itu yang kepikir adalah cuma menuliskan komentar terhadap buku buku yang pernah saya baca, orang sering menyebutnya resensi. Maka terhitung hari itu tajuk blog ini berubah menjadi RESENSI BUKU....ala Esa (mengalir begitu saja).


Mula mula semua buku yang saya baca, coba untuk diresensi di blog ini. Namun karena 'agak aneh' nyampur nyampur dengan buku lainnya (psikologi, manajemen, resep, dll) maka kala itu diputuskan blog ini hanya merensi novel saja. Karena saya penggemar novel novel barat, maka novel yang banyak diresensi adalah dari Agatha Christie, John Grisham, JK Rowling ( Harry Potter) sampai Dan Brown ( Da Vinci Code), serta beberapa novelis lain. 

Tak dinyana, ternyata resensi saya banyak juga yang suka (geer). Terhitung Juli 2010 blog ini perlahan lahan merayap meraih trafik. Tanpa SEO (boro boro), pada bulan september 2010 tembus mencapai 1052 penayangan. Yang berarti rata rata ada 35 tayangan perhari. Sepanjang tahun 2011, produktivitas saya terus 'menggila' hingga berhasil menembus 100 posting di akhir tahun. Angka penayangan terus bergerak hingga mencapai 2.317 penayangan pada Desember 2011. Itu artinya tayangan blog ini meningkat dua kali lipat dalam setahun dengan rata rata hampir 80 tayangan perhari.  

Dulu saya kurang peduli dengan angka angka ini, sampai di awal Agustus 2012 saya memutuskan untuk mengikuti kursus internet marketing dan belajar SEO. Untuk pertama kalinya saya menerbitkan domain komersial pertama saya http://www.cure-diabetis-naturally.com/, dan menyadari betapa tidak mudah meraih tayangan sebanyak itu.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Banyak Dibaca