11 Hari Usus Buntu Episode 65

11 Hari Usus Buntu (65)




     “ Sempat saya mendengar percakapan beberapa prajurit  Pajajaran sewaktu pengembaraan kita,  mang “ kataku kembali membuka percakapan.
     “ Mengenai apa itu, gan ? “
     “ Mengapa Pajajaran begitu cepat mengalami kemunduran “
     Wajah mang engkus berangsur kelabu. Mendengar kata ‘mundur’ membuatnya sedih dan tak rela.
     “ Bagaimanapun, kita harus menerima dan belajar terhadap apa yang telah terjadi “ kataku menghindari kesan menggurui. Mang Engkus mengangguk setuju.
     “ Mereka bilang, Pajajaran ketinggalan satu langkah. Mereka tak Punya meriam. Banten dan Cirebon telah dipersenjatai meriam. “ jelasku.
     “ Teknologi “ tanggap mang Engkus singkat.
     “ Ya. Dan satu lagi. Sebelum Ragamulya, ada raja yang terlalu mengandalkan ilmu mistik untuk menghadapi lawan. Bendera bendera jampi diyakini bisa menakuti musuh. Dan yang lebih parah…..  kebiasaan minum untuk melupakan masalah “
     Kini wajah mang Engkus tertunduk. Aku tak tega melihatnya.
     “ Sudah berlalu… sudah berlalu….” Kudengar dia berbisik pada diri sendiri. “ andai amang bisa berbuat sesuatu….” Matanya menerawang.
     “ Kita ini hanya anak anak sejarah. Tapi sebuah janji kecil diantara kita akan mengubah sejarah, mudah mudahan “ cetusku. Sesaat mata mang Engkus memandangku. Kelihatan tertarik.
     “ Saya ingin amang dan saya membuat ikrar demi anak cucu… “ usulku.
     “ Apa itu, gan ? “ jawab mang Engkus.
     “ Berjanjilah, sekali lagi berjanjilah. Anak cucu amang harus di sekolahkan setinggi tingginya. Dan anak cucu kita, akan bersahabat selamanya. Sampai akhir jaman ! “ kata kataku jelas, tegas.
     Mata mang Engkus berkaca kaca.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Banyak Dibaca